Stop Salah Gunakan Facebook!

Oleh : Diana Kustejo

Akhir-akhir ini heboh diberitakan di media massa yang berkaitan dengan penyalahgunaan situs jejaring sosial facebook. Kasus terbaru awal Februari ini adalah kasus “Nova-Ari Power”, kasus ini menghebohkan karena sang gadis yang berasal dari Sidoarjo dibawa lari oleh teman laki-lakinya yang ia kenal lewat facebook, saat sang gadis menghadiri acara pernikahan saudaranya di Tangerang.Sang gadis dan teman laki-lakinya itu pun beberapa hari kemudian tertangkap saat berada di Jakarta. Berkat laporan orang tua si gadis  kepada polisi serta liputan berita di televisi. Yang lebih memprihatinkan lagi adalah sang gadis dan teman laki-lakinya mengaku telah berhubungan intim selama dalam pelariannya. Padahal sang gadis masih berumur 14 tahun!Penyalahgunaan facebook bukan itu saja, akhir bulan Januari lalu, Polisi berhasil membongkar sindikat prostitusi remaja dibawah umur via facebook di Surabaya Jawa Timur. Prihatin, para remaja yang ikut terlibat sebagai PSK via facebook ini tidaklah sedikit. Mereka mengaku rela menjadi PSK karena alasan ekonomi. Bukan karena tidak bisa makan, tapi untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup modern dan pengaruh lingkungan pertemanan. Padahal usia mereka masih sangat muda usia SMP-SMA, namun saat sesi wawancara dengan salah satu stasiun televisi, rata-rata mereka mengaku pertama kali melakukan hubungan seks dengan sang pacar. Sehingga ketika ada tawaran, mereka tidak lagi canggung dan takut untuk melakukan pekerjaan terlarang tersebut. Lain lagi dengan kasus penyalahgunaan facebook yang terjadi di Lombok NTB, seorang lelaki tega menyebarkan foto-foto bugil  mantan pacarnya di facebook lantaran sakit hati karena diputus hubungan cintanya. Serta kasus-kasus lain yang menyangkut remaja dan facebook yang lebih banyak pada hal yang negatif. Kasus-kasus tersebut, telah menjerumuskan remaja pada hal yang merusak masa depan mereka. Usia belia yang menyebabkan mereka mudah terpengarugh lingkungan, berpikiran praktis dan tidak mempertimbangkan secara matang atas tindakan-tindakan yang mereka lakukan.

Sebenarnya situs jejaring sosial facebook memiliki banyak manfaat bila dipergunakan dengan benar. Contohnya, saat kasus Ibu Prita Mulyasari, kasus Cicak Vs Buaya (Bibit-Chandra KPK), dan yang terbaru kasus Bilqis Anindya Pasha seorang balita 16 bulan yang butuh transplantasi hati. Semua anggota jejaring facebook bisa memberikan dukungan yang sangat berarti bagi kasus-kasus mereka, sehingga mempermudah yang sedang memiliki kasus mendapat bantuan dan dukungan sukarela secara cepat. Selain itu, manfaat lain facebook adalah terjalinnya tali silaturahmi yang terputus. Satu kasus yang mengharukan yaitu bertemunya kembali sepasang kakak-beradik yang telah terpisah selama bertahun-tahun di Surabaya dan Kalimantan, mereka  akhirnya bisa kembali menjalin komunikasi lewat facebook.  Selain itu , saat kampanye Obama untuk menjadi Presiden Amerika ke-44 sebagian besar menggunakan facebook dan terbukti efektif, kini Obama menjadi Presiden kulit hitam pertama di Amerika Serikat. Adalagi fungsi face book yang positif, yaitu sebagai ajang promosi kegiatan pendidikan, sosial-ekonomi, juga politik atau promosi barang/jasa yang cukup efektif dan murah. Satu lagi yang tak ketinggalan, facebook dapat menjad ajang berkeluh kesah meski juga dibatasi aturan UU ITE (Undang-Undang Informatika dan Transaksi Elektronik) dalam tatacara penyampaianya dan isinya. Semua itu, adalah sisi lain facebook yang positif

Tentu sangat disayangkan jika facebook disalahgunakan hanya untuk kepentingan uang semata tanpa mengindahkan moral dan etika.  Apalagi jika facebook menjadi biang keladi rusaknya moral bangsa sehingga teancam kelangsungannya, tentu para pengguna facebook yag lain akan merasa sangat rugi jika penyalahgunaan ini terus berlanjut. Jadi, untuk para facebookers tetap jaga etika dan moral yang dan jangan sampai terjerumus pada pergaulan yang tidak baik. Perdalam iman dan taqwa juga luaskan wawasan agar tetap dapat mempergunakan facebook secara positif dan tidak mengancam masa depan diri sendiri.

Iklan