PAKET KEAHLIAN FARMASI

DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

JEPTEDI

Oleh: Kustejo, S.Pd.I. (Wakaur Kurikulum)

SMK pada saat ini merupakan sekolah yang menjadi primadona dikalangan masyarakat dan mendapat perhatian khusus oleh pemerintah dan dikalangan industri. SMK Farmasi merupakan salah satu jurusan yang masih jarang, sementara peluang lapangan kerjanya sangat luas, oleh karena itu SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta pada tahun pelajaran 2015/2016 membuka paket keahlian farmasi.

LAB FARMASIGambar 1: Laboratorium Farmasetika SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Memilih paket keahlian farmasi di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta merupakan pilihan yang cerdas dan tepat, oleh karena ada tiga alasan. Luasnya lapangan kerja , diterapkannya sistem pendidikan yang berkualitas, tersedianya sarana pendidikan yang memadai untuk menunjang keberhasilan sebuah sistem, dan juga dukungan dari Rumah Sakit seperti PKU Yogyakarta, Perguruan Tinggi Ternama (UAD dan UMY) dan berbagai Apotek di Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya. Ketiga alasan di atas merupakan tiga faktor utama yang memberikan kontribusi besar bagi terciptanya sumber daya siap pakai yang kompetitif, kolaboratif dan professional.

Farmasi merupakan salah satu bidang kesehatan dengan gabungan antara ilmu kesehatan dan ilmu kimia. yang bertanggung jawab untuk memastikan keamanan dan efektifitas suatu obat. Selain itu Farmasi bisa dikatakan satu cabang dari ilmu kesehatan namun berfokus pada dasar-dasar seluk beluk mengenai obat-obatan seperti identifikasi, seleksi, preservasi, kombinasi, aksi farmakologi, serta analisis dan standarisasi bahan-bahan obat.

Cabang ilmu farmasi antara lain:

  1. Farmasetika
  2. Kimia farmasi
  3. Farmakologi
  4. Farmakognosi
  5. Farmasi praktikal

Ruang lingkup farmasi:

  1. Farmasi klinik
  2. Farmasi rumah sakit
  3. Farmasi komunitas
  4. Farmasi industry
  5. Farmasi bahan alam

Hal-hal yang dipelajari dalam Farmasi

  1. Mempelajari tentang dasar-dasar ilmu farmasi
  2. Mempelajari tentang penyakit dan obatnya
  3. Mempelajari tentang CPOB, CPKB dan CPOTB
  4. Mempelajari cara membaca dan mengerjakan resep dokter di bawah pengawasan apoteker
  5. Mempelajari cara meracik obat sesuai dengan resep dokter di bawah pengawasan apoteker
  6. Mempelajari cara formulasi dan pengujian mutu obat
  7. Mempelajari tentang bahan alam dan obat tradisional
  8. Mempelajari cara membuat obat tradisional

LAB KIMIAGambar 2 : Laboratorium Kimia Farmasi SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta

SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta membuka paket keahlian farmasi dengan tujuan sebagai berikut:

  1. Mendidik peserta didik dengan keahlian dan keterampilan dalam bidang studi keahlian Kesehatan khususnya paket keahlian Farmasi agar dapat bekerja baik secara mandiri atau mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan dunia industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah.
  2. Mendidik peserta didik agar mampu memilih karir, berkompetisi dan mengembangkan sikap profesionalisme dalam bidang studi keahlian Kesehatan khususnya paket keahlian Farmasi.
  3. Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan di bidang Farmasi agar mampu mengembangkan diri melalui tingkat satuan pendidikan yang lebih tinggi

SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta merupakan salah satu sekolah yang ditetapkan sebagai satuan pendidikan pelaksana kurikulum 2013 Berdasarkan Keputusan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 022/h/kr/2015. Sehingga standar isi, standar proses, standar penilaian, standar sarana prasarana, dan standar tenaga pendidik dan kependidikan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta mengacu pada kurikulum 2013.

VISITASI

Gambar 3:

Verifikasi Kurikulum Paket Keahlian Farmasi oleh Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta

Soal prospek lulusan jangan ditanya, lulusan farmasi  merupakan lulusan yang prospeknya cerah. Luasnya lapangan kerja, lulusan SMK Farmasi dapat terserap di berbagai tempat diantaranya bisa masuk ke Instansi pemerintah seperti Badan Pemeriksaan Obat dan Makanan (BPOM), pada Instansi milik TNI- POLRI baik di Rumah Sakit maupun Industri Farmasinya, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di sektor farmasi yang dapat memberikan kesempatan berkarir dibidang marketing dengan peluang kerja sebagai: Medical Representative Ethical (MRE) dan Sales Promotion Representatif OTC, juga dapat masuk diberbagai Rumah Sakit dan Apotek sebagai Asisten Apoteker, Perusahaan atau Industri Farmasi dan herbal, Industri makanan dan minuman, Industri obat tradisional bahkan sampai Industri Kosmetik maupan perusahaan Asuransi Kesehatan. Dan satu lagi yang penting bahwa lulusan SMK Farmasi mempunyai kompetensi dan skill yang cukup untuk mengembangkan diri berwirausaha di bidang farmasi,herbal dan kosmetik.

Tak hanya yang disebutkan diatas, dalam bidang perindustrian pun lapangan pekerjaan bagi lulusan farmasi terbuka lebar. Di Indonesia sendiri telah banyak kita ketahui perusahaan atau industri yang bergerak dibidang kesehatan dan memproduksi obat-obatan. Bahkan bisa sampai diterima bekerja di bank, dikarenakan lulusan farmasi lebih sering didapatkan sebagai orang-orang yang terbiasa untuk teliti dan terlatih untuk tekun. Dimana jenis orang seperti inilah yang dicari oleh bidang perbankan. Dari sini bisa kita lihat bagaimana sesungguhnya peluang seorang lulusan farmasi untuk mendapat lapangan pekerjaan sekaligus mengabdikan diri kepada masyarakat tidak sekedar pada satu tempat tapi bisa lebih luas dari itu.

Berdasarkan Undang-undang Kesehatan no 32 tahun 2009 dan PP No. 51 tahun 2009 tentang pekerjaan kefarmasian telah dijelaskan bahwa lulusan SMK Farmasi diakui sebagai Tenaga Teknis Kefarmasian (TTK) dan berhak untuk membantu Apoteker dalam melakukan pekerjaan kefarmasian baik di Pelayanan Kesehatan maupun di Industri Farmasi. Selain itu, lulusan SMK Farmasi juga akan medapatkan Surat Tanda Registrasi Tenaga Teknis Kefarmasian (STRTTK) dari Kementrian Kesehatan RI dan tergabung dalam organisasi profesi Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) sebagai anggota.

VITASI LAB

Gambar 4: Visitasi Laboratorium oleh Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta

Demikian sekilas tentang gambaran paket keahlian Farmasi di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dan saya ucapkan selamat pada peserta didik baru yang telah memilih SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta sebagai tempat belajar untuk meraih cita-cita, semoga sukses. Aamiin.

Refrensi: berbagai sumber