UJIAN NASIONAL DAN TIPS JITU UNTUK MENGHADIPINYA
Oleh:
Kustejo, S.Pd.I.,M.Pd.

A. Ujian Nasional

Ujian Nasional (UN) menjadi salah satu ujian yang wajib dilalui oleh para siswa di Indonesia, terlepas siswa itu siap atau tidak. Sering terlintas pertanyaan dibenak kita: apa itu ujian nasional, untuk apa ujian nasional, dan apa manfaatnya. Agar lebih jelas perhatikan penjelasan berikut:

1. Pengertian Ujian Nasional

Ujian Nasional biasa disingkat UN adalah sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional dilakukan evaluasi sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Lebih lanjut dinyatakan bahwa evaluasi dilakukan oleh lembaga yang mandiri secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistematik untuk menilai pencapaian standar nasional pendidikan dan proses pemantauan evaluasi tersebut harus dilakukan secara berkesinambungan. (wekipedia, 2018)

2. Tujuan Ujian Nasional

 Ujian Nasional bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi lulusan pada mata pelajaran tertentu secara nasional dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL). (BSNP, 2017)

 UN sebagai sub-sistem penilaian dalam Standar Nasional Pendidikan (SNP) menjadi salah satu tolak ukur pencapaian SNP dalam rangka penjaminan dan peningkatan mutu pendidikan. (BSNP, 2017)

3. Manfaat Ujian Nasional

 Pemetaan mutu program pendidikan dan/atau satuan pendidikan;

 Pertimbangan seleksi masuk jenjang pendidikan berikutnya; dan

 Dasar pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan untuk pemerataan dan peningkatan mutu pendidikan.

4. Kategori Pencapaian Kompetensi Lulusan Dalam Ujian Nasional

Pada POS UN 2018 (BSNP, 2017) disebutkan bahwa Pencapaian kompetensi lulusan dalam UN dinyatakan dalam kategori sangat baik, baik, cukup, dan kurang.

Penilaian pencapaian kompetensi lulusan dalam UN didasarkan pada rentang nilai 0 sampai 100 dengan kategori sebagai berikut:
a. Sangat Baik dengan kriteria 85 < Nilai ≤ 100
b. Baik dengan kriteria 70 < Nilai ≤ 85
c. Cukup dengan kriteria 55 < Nilai ≤ 70d. Kurang dengan kriteria 0 ≤ Nilai ≤ 55

 Nilai Kompetensi Keahlian Kejuruan adalah:

 Gabungan antara nilai Ujian Praktik Keahlian Kejuruan dan nilai Ujian Teori Kejuruan dengan pembobotan 70% untuk nilai Ujian Praktik Keahlian Kejuruan dan 30% untuk nilai Ujian Teori Kejuruan.

 Peserta uji dinyatakan lulus UKK jika gabungan nilai Teori Kejuruan dan Praktik kejuruan minimal 70

B. Tips Jitu Untuk Menghadapi Ujian Nasional

Bagi sebagian siswa ujian nasional merupakan hal yang mencemaskan, mereka berpikir tidak bisa mengerjakan soal-soal yang ada, waktu sudah dekat tidak cukup untuk belajar dan lain sebagainya. Sebenarnya tidak perlu dicemaskan tetapi perlu dipersiapkan agar sukses mengadapinya. Kesiapan adalah senjata terbaik siswa. Jadi, apa yang harus kamu lakukan? Berikut adalah beberapa tips untuk menghadapi Ujian Nasional.

1. Jaga kesehatan

Hal yang terpenting dalam mengadapi ujian Nasional adalah kesehatan. Kondisi badan yang baik adalah modal utama untuk sukses mengadapi ujian nasioanal. Bagaimana mau belajar jika kamu sakit. Jadi atur pola hidup, mulai dari istirahat yang cukup, makan makanan bergizi dan berolah raga secara teratur. Dengan sendirinya gairah belajar kamu akan meningkat.

2. Manajemen waktu belajar

Selain kondisi badan baik hal yang penting untuk dilakukan adalah mengatur jadwal belajar agar bisa sukses menghadapi ujian nasional, kamu tentukan dalam sehari berapa jam porsi khusus untuk belajar?, kemudian tentukan waktu yang baik untuk anda belajar sehingga bisa dengan mudah menyerap pelajaran misalkan apakah belajar di waktu pagi, siang atau malam hari.

3. Belajar yang efektif dan menyenangkan

Berikut cara agar dapat belajar secara efektif dan menyenangkan :
– Ciptakan suasana yang nyaman
– Pahami materi dan jangan menghafal
– Merangkum Materi Pelajaran
– Belajar rutin (disiplin) dan jangan terlalu lama, selingi dengan istirahat
– Tidak Menggunakan SKS (sistem kebut semalam)

4.  Menentukan target yang akan dicapai

Membuat target agar bisa lulus ujian nasional dengan status nilai ujian paling tinggi dalam tingkat kabupaten atau provinsi bahkan tingkat nasional. Dengan memiliki target yang jelas maka dijamin semangat belajar Anda akan bertambah berkali-kali lipat.

5. Mereview materi pelajaran yang pernah dipelajari

Mereview kembali pelajaran yang pernah dipelajari mulai dari kelas 1 sampai kelas 3. Karena bisa dipastikan soal yang muncul dalam ujian nasional adalah materi pelajaran yang selama ini pernah anda pelajari. Jadi anda membuka kembali catatan catatan Anda saat mulai kelas 1 sampai kelas 3, kemudian kamu perlu menyiapkan catatan singkat yang bisa kamu baca setiap saat.

6. Melatih soal-soal sesuai kisi-kisi UN

Mulailah melatih diri dengan dengan soal-soal ujian. Soal bisa download sebanyak-banyaknya dari internet. Ingat waktu kamu tidak banyak lagi. Kurang efektif rasanya jika kamu harus membaca semua buku tebal yang pernah dipelajari dari semester awal pertama masuk ke sekolah. Fahami saja SKL atau kisi-kisi yang sudah diterbitkan oleh BSNP. Lebih bagus lagi kalau kamu bisa membuat rangkuman materi dari kisi-kisi tersebut.

7. Belajar kelompok

Kalau kamu merasa kesulitan untuk belajar sendiri, cobalah untuk belajar secara berkelompok. Kamu bisa bertukar pikiran dari materi yang belum dipahami. Jika sudah memiliki kisi-kisi UN, tidak ada salahnya untuk dibahas bersama serta lakukan latihan soal bersama-sama. Jika kamu mendapat kesulitan, bertanyalah pada teman yang memahami materi tersebut. Inilah fungsinya jika belajar berkelompok.

8. Meminta doa restu orang tua

Mintalah doa restu kedua orang tua karena doa mereka dikabulkan Allah, dengan doa orang tua terutama Ibu insyallah segala urusan akan dipermudah termasuk dalam menghadapi ujian nasional.

9. Berdoa

Setalah berusaha, yang harus kamu lakukan adalah banyaklah berdo’a agar kamu dimudahkan dalam mengahadapi Ujian Nasional. Dan jangan lupa do’akan temen-temanmu yang lain agar berhasil, insyaAlloh urusanmu akan dipermudah oleh Alloh.

Referensi:
1. BSNP, 2017. POS UN Tahun Pelajaran 2017/2018
2. BSNP, 2017. Buku Saku Ujian Nasional tahun Pelajaran 2017/2018
3. https://id.wikipedia.org/wiki/Ujian_Nasional
4. http://www.abimuda.com/2015/01/10-tips-mudah-menghadapi-ujian-nasional.html
5. http://www.rijal09.com/2016/12/17-cara-agar-sukses-menghadapi-un-dan-uasbn.html